alexametrics
26 C
Pontianak
Saturday, July 2, 2022

Teror Virus dalam Film

BELAKANGAN  Coronavirus disease (COVID-19) membuat warga dunia gempar. Ribuan nyawa hilang akibat virus mematikan ini. Banyak perjalanan antar negara yang dibatasi bahkan dibatalkan. Pemeriksaan ketat terjadi pada tiap bandara di dunia. Penjualan masker laku keras, masyarakat pun mulai kritis mencari informasi dan saling membuka ruang diskusi. Hal tersebut bak scene yang ada di film dengan mengangkat cerita soal virus. Salah satu di antaranya yang paling ramai dibicarakan ialah The Flu. Anyway, film apa aja sih yang juga mengangkat tema virus? Simak ulasannya dari Tim Z.

WORLD WAR Z

Sutradara : Marc Forster

Pemeran : Brad Pitt, Mireille Enos, James Badge Dale

Rilis : Juni 2013

Menghadirkan aktor tampan Brad Pitt, World War Z menyajikan film dengan kisah tentang penyebaran virus yang menyebabkan munculnya zombie dimana-mana. Sebagai mantan karyawan United Nations atau Persatuan Bangsa-bangsa (PBB), Brad Pitt yang berperan sebagai Gerry Lane harus melakukan misi keliling dunia untuk mencari solusi dan upaya penghentian wabah ini.

Setelah melakukan perjalanan panjang ke beberapa negara, mengalami berbagai kejadian seperti kecelakaan pesawat hingga mengamputasi tangannya sendiri, Garry berhasil menemukan penangkal dan mengungkapkan fakta bahwa para zombie hanya mengincar manusia yang sehat. Maka, vaksin dari wabah tersebut berperan sebagai samaran untuk warga sipil agar nggak jadi korban para zombie.

Sangat Mendebarkan

Putri Herly

FKIP Bahasa Inggris Untan

Rating : 7,5/10

“Ini salah satu film tentang virus dan zombie yang paling populer! Sutradara film ini keren banget karena berhasil buat film ini jadi sangat mendebarkan sekaligus menarik. Selain menghadirkan zombie yang cepat dan pintar, film ini juga menyisipkan nilai-nilai dalam keluarga. Aku suka banget gimana Brad Pitt memainkan perannya sebagai ayah yang bertanggung jawab dan berkorban untuk menyelamatkan orang lain dari virus tersebut. Pokoknya, film ini benar-benar worth to watch!

I AM LEGEND

Sutradara : Francis Lawrence

Pemeran : Will Smith, Alice Braga, Emma Thompson

Rilis : Desember 2007

Robert Neville yang diperankan oleh Smith ialah manusia yang diceritakan kebal dan selamat dari virus yang sedang melanda. Hal itu pula yang membuat darah sang ilmuwan ini jadi incaran para korban yang menjelma sebagai makhluk karnivora mirip  zombie yang sensitif akan sinar matahari. Korban-korban disebut juga dengan Darkseekers.

Manhattan diambil sebagai salah satu latar tempat pada film ini, di situlah Naville hidup dalam kesendiriannya bersama sang anjing kesayangan bernama Samantha. Di tengah kekacauan dunia, Naville terus berusaha mencari penangkal sembari berusaha bersembunyi dari para Darkseekers.Sayang, dalam usahanya tersebut Naville harus kehilangan Sam dan membuatnya sangat berduka.

Baca Juga :  Wakil Kalbar ke Putri Hijab 2020 Tingkat Nasional

Akhir yang Memuaskan

Nico Renaldi

Prodi Ilmu Hubungan Internasional

Rating: 8/10

“Kalau dari segi cerita, film ini saya beri rating 8, karena kebanyakan film yang mengambil isu pandemik, hanya sedikit film yang memberikan ending mereka menemukan dan membuat sebuah serum atau vaksin, kebanyakan mereka hanya pergi ke tempat perlindungan dan selesai. Nah, pada akhir film ini, pemeran utama dapat menyembuhkan para makhluk yang terinfeksi tersebut dengan serum yang berguna untuk penyembuhan virus.”

CONTAGION

Sutradara : Steven Soderbergh

Pemeran : Michael Shamberg, Stacey Sher, Gregory Jacobs

Rilis : September 2011

Seperti arti pada judulnya. Contagion merupakan salah satu film yang menyajikan cerita dengan penularan virus sebagai fokus cerita utama. Selain itu disoroti pula tentang bagaimana upaya dan tindakan yang dilakukan oleh para medis dalam melakukan identifikasi penyakit yang menyerang warga negeri Paman Sam ini. Contagion konon terinspirasi dari kasus nyata penyebaran virus Mers dan flu burung berapa tahun sebelumnya.

Dalam gambaran filmnya, penyebaran virus tersebut terus berlanjut bahkan menjangkit Dr. Mears, yang pada saat itu bertugas melakukan penyelidikan. Saking berbahayanya, Presiden Ameria Serikat bahkan sampai pindah ke bawah tanah. Hingga akhirnya terungkap bahwa penyebabnya berasal dari kelelawar menular ke seekor babi yang diolah oleh seorang chef.

Cerita yang Masuk Akal

Reni Alpionita

FMIPA Untan

Rating 8/10

“Pertama kali nonton film Contagion itu tahun 2014 dan pas berita tentang virus Corona awal 2020 viral, langsung kepikiran tentang film itu karena hampir mendekati kejadian real. Tentang bagaimana awal virus muncul, cara penyebarannya, korban yang terjangkit, bagaimana respon dunia, keterlibatan media dan media sosial dalam menyebarkan berita serta pihak-pihak yang berusaha untuk menemukan vaksin. Semuanya terlihat sangat nyata dan masuk akal. Ternyata sutradara dari film ini sudah melakukan riset sebelum membuat film Contagion. Pokoknya kalo pengin tahu kira-kira gambaran dunia tentang virus Corona saat ini, film Contagion bisa dijadikan sebagai referensi.”

Baca Juga :  Liburannya Penggemar Kecanggihan

THE FLU

Sutradara : Kim Sung-su

Pemeran : Soo Ae, Jang Hyuk

Tahun rilis : Agustus 2013

Film yang mulai ramai disebut-sebut seiring dengan maraknya virus Corona ini memang hampir mirip secara garis besar cerita. The Flu menggambarkan tentang penyelundupan imigran yang ternyata salah satunya terinfeksi virus mematikan dan berbahaya. Kemudian membuat imigran lain tertular bahkan menyebar hingga ribuan jiwa turut menjadi korban.

Dengan mengangkat Korea Selatan sebagai latar tempat, film ini mempertontonkan betapa berbahaya dan mematikannya sebuah virus. Juga kepanikan yang terjadi sehingga membuat pemerintah harus mengambil langkah tegas agar virus tak terus meluas. Langkah-langkah diambil mulai dari penelitian hingga karantina korban terus dilakukan demi menyelamatkan dunia dari wabah virus ini.

Menyentuh dan Seperti Jadi Nyata

Destio Ilham Ramadhan

Ilmu Komunikasi, Universitas Brawijaya

Rating : 8/10

“Secara garis besar film ini menceritakan tentang wabah flu dari sekelompok imigran. Akhirnya menyebar dan membuat pemerintah Korea Selatan mengambil tindakan tegas seperti karantina tetapi berakibat pemberontakan oleh warga di sana.

 The Flu merupakan film yang bisa membuatku merasa benar-benar tersentuh dan cukup sedih. Karena banyak orang yang meninggal akibat virus tersebut, menceritakan tentang orang-orang yang kehilangan keluarga dan kerabat mereka. At least film ini rada relate sama virus Corona yang sekarang melanda Tiongkok juga beberapa negara di dunia, pokoknya wajib banget ditonton.”

BELAKANGAN  Coronavirus disease (COVID-19) membuat warga dunia gempar. Ribuan nyawa hilang akibat virus mematikan ini. Banyak perjalanan antar negara yang dibatasi bahkan dibatalkan. Pemeriksaan ketat terjadi pada tiap bandara di dunia. Penjualan masker laku keras, masyarakat pun mulai kritis mencari informasi dan saling membuka ruang diskusi. Hal tersebut bak scene yang ada di film dengan mengangkat cerita soal virus. Salah satu di antaranya yang paling ramai dibicarakan ialah The Flu. Anyway, film apa aja sih yang juga mengangkat tema virus? Simak ulasannya dari Tim Z.

WORLD WAR Z

Sutradara : Marc Forster

Pemeran : Brad Pitt, Mireille Enos, James Badge Dale

Rilis : Juni 2013

Menghadirkan aktor tampan Brad Pitt, World War Z menyajikan film dengan kisah tentang penyebaran virus yang menyebabkan munculnya zombie dimana-mana. Sebagai mantan karyawan United Nations atau Persatuan Bangsa-bangsa (PBB), Brad Pitt yang berperan sebagai Gerry Lane harus melakukan misi keliling dunia untuk mencari solusi dan upaya penghentian wabah ini.

Setelah melakukan perjalanan panjang ke beberapa negara, mengalami berbagai kejadian seperti kecelakaan pesawat hingga mengamputasi tangannya sendiri, Garry berhasil menemukan penangkal dan mengungkapkan fakta bahwa para zombie hanya mengincar manusia yang sehat. Maka, vaksin dari wabah tersebut berperan sebagai samaran untuk warga sipil agar nggak jadi korban para zombie.

Sangat Mendebarkan

Putri Herly

FKIP Bahasa Inggris Untan

Rating : 7,5/10

“Ini salah satu film tentang virus dan zombie yang paling populer! Sutradara film ini keren banget karena berhasil buat film ini jadi sangat mendebarkan sekaligus menarik. Selain menghadirkan zombie yang cepat dan pintar, film ini juga menyisipkan nilai-nilai dalam keluarga. Aku suka banget gimana Brad Pitt memainkan perannya sebagai ayah yang bertanggung jawab dan berkorban untuk menyelamatkan orang lain dari virus tersebut. Pokoknya, film ini benar-benar worth to watch!

I AM LEGEND

Sutradara : Francis Lawrence

Pemeran : Will Smith, Alice Braga, Emma Thompson

Rilis : Desember 2007

Robert Neville yang diperankan oleh Smith ialah manusia yang diceritakan kebal dan selamat dari virus yang sedang melanda. Hal itu pula yang membuat darah sang ilmuwan ini jadi incaran para korban yang menjelma sebagai makhluk karnivora mirip  zombie yang sensitif akan sinar matahari. Korban-korban disebut juga dengan Darkseekers.

Manhattan diambil sebagai salah satu latar tempat pada film ini, di situlah Naville hidup dalam kesendiriannya bersama sang anjing kesayangan bernama Samantha. Di tengah kekacauan dunia, Naville terus berusaha mencari penangkal sembari berusaha bersembunyi dari para Darkseekers.Sayang, dalam usahanya tersebut Naville harus kehilangan Sam dan membuatnya sangat berduka.

Baca Juga :  Cowokku Jago Masak

Akhir yang Memuaskan

Nico Renaldi

Prodi Ilmu Hubungan Internasional

Rating: 8/10

“Kalau dari segi cerita, film ini saya beri rating 8, karena kebanyakan film yang mengambil isu pandemik, hanya sedikit film yang memberikan ending mereka menemukan dan membuat sebuah serum atau vaksin, kebanyakan mereka hanya pergi ke tempat perlindungan dan selesai. Nah, pada akhir film ini, pemeran utama dapat menyembuhkan para makhluk yang terinfeksi tersebut dengan serum yang berguna untuk penyembuhan virus.”

CONTAGION

Sutradara : Steven Soderbergh

Pemeran : Michael Shamberg, Stacey Sher, Gregory Jacobs

Rilis : September 2011

Seperti arti pada judulnya. Contagion merupakan salah satu film yang menyajikan cerita dengan penularan virus sebagai fokus cerita utama. Selain itu disoroti pula tentang bagaimana upaya dan tindakan yang dilakukan oleh para medis dalam melakukan identifikasi penyakit yang menyerang warga negeri Paman Sam ini. Contagion konon terinspirasi dari kasus nyata penyebaran virus Mers dan flu burung berapa tahun sebelumnya.

Dalam gambaran filmnya, penyebaran virus tersebut terus berlanjut bahkan menjangkit Dr. Mears, yang pada saat itu bertugas melakukan penyelidikan. Saking berbahayanya, Presiden Ameria Serikat bahkan sampai pindah ke bawah tanah. Hingga akhirnya terungkap bahwa penyebabnya berasal dari kelelawar menular ke seekor babi yang diolah oleh seorang chef.

Cerita yang Masuk Akal

Reni Alpionita

FMIPA Untan

Rating 8/10

“Pertama kali nonton film Contagion itu tahun 2014 dan pas berita tentang virus Corona awal 2020 viral, langsung kepikiran tentang film itu karena hampir mendekati kejadian real. Tentang bagaimana awal virus muncul, cara penyebarannya, korban yang terjangkit, bagaimana respon dunia, keterlibatan media dan media sosial dalam menyebarkan berita serta pihak-pihak yang berusaha untuk menemukan vaksin. Semuanya terlihat sangat nyata dan masuk akal. Ternyata sutradara dari film ini sudah melakukan riset sebelum membuat film Contagion. Pokoknya kalo pengin tahu kira-kira gambaran dunia tentang virus Corona saat ini, film Contagion bisa dijadikan sebagai referensi.”

Baca Juga :  Liburannya Penggemar Kecanggihan

THE FLU

Sutradara : Kim Sung-su

Pemeran : Soo Ae, Jang Hyuk

Tahun rilis : Agustus 2013

Film yang mulai ramai disebut-sebut seiring dengan maraknya virus Corona ini memang hampir mirip secara garis besar cerita. The Flu menggambarkan tentang penyelundupan imigran yang ternyata salah satunya terinfeksi virus mematikan dan berbahaya. Kemudian membuat imigran lain tertular bahkan menyebar hingga ribuan jiwa turut menjadi korban.

Dengan mengangkat Korea Selatan sebagai latar tempat, film ini mempertontonkan betapa berbahaya dan mematikannya sebuah virus. Juga kepanikan yang terjadi sehingga membuat pemerintah harus mengambil langkah tegas agar virus tak terus meluas. Langkah-langkah diambil mulai dari penelitian hingga karantina korban terus dilakukan demi menyelamatkan dunia dari wabah virus ini.

Menyentuh dan Seperti Jadi Nyata

Destio Ilham Ramadhan

Ilmu Komunikasi, Universitas Brawijaya

Rating : 8/10

“Secara garis besar film ini menceritakan tentang wabah flu dari sekelompok imigran. Akhirnya menyebar dan membuat pemerintah Korea Selatan mengambil tindakan tegas seperti karantina tetapi berakibat pemberontakan oleh warga di sana.

 The Flu merupakan film yang bisa membuatku merasa benar-benar tersentuh dan cukup sedih. Karena banyak orang yang meninggal akibat virus tersebut, menceritakan tentang orang-orang yang kehilangan keluarga dan kerabat mereka. At least film ini rada relate sama virus Corona yang sekarang melanda Tiongkok juga beberapa negara di dunia, pokoknya wajib banget ditonton.”

Most Read

Artikel Terbaru

/